Monday - Saturday, 8AM to 10PM
Call us now (0254) 223543

Solusi Tidak Bisa Login di PC Client Aplikasi EDS/ PMP 2019

 Asslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Kembali kami bahas masalah PMP yang sering banyak ditanyakan sebagai berikut.

 

Indikasi:

Aplikasi sudah berhasil diakses melalui PC Client tapi saat hendak login muncul notifikasi sebagaimana gambar di atas.

 

Kemungkinan Penyebab: 

Terdapat bug pada file main.aaf960b3.js yang terdapat di path C:\Program Files (x86)\EDSDikdasmen\dataweb\frontend\static\js aplikasi sehingga tidak bisa diakses melalui client.

 

Solusi:

Terdapat banyak solusi yang telah beredar baik dengan mengedit coding file main.aaf960b3.js maupun menggantinya dengan file main.aaf960b3.js  yang sudah diedit, namun pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara yang paling sederhana yakni dengan menginstal patch yang berisi file main.aaf960b3.js  tersebut sehingga kita tidak perlu lagi repot-repot mengkoding atau copy-paste file tersebut.

 

Namun bagi Anda yang belum bisa menghubungkan PC Server (komputer yang berisi aplikasi EDS) dan Client (komputer yang digunakan untuk mengakses EDS dari server) sebaiknya simak terlebih dahulu cara berikut:

 

1. Pastikan PC Server kita 1 jaringan dengan PC Client, baik itu menggunakan koneksi wifi yang sama atau hotspot yang sama;

2. Ketahui nama komputer server Anda (di sini kami menggunakan nama server agar lebih mudah diingat daripada menggunakan IP Adress), dengan cara klik kanan My Komputer atau This PC > klik Properties:

This PC > Properties

 

..setelah itu klik Change settings dan klik Change:

 

Change settings > Change

 

..maka akan tampil nama komputer kita. Nah, pastikan nama komputer kita tanpa ada spasi agar bisa digunakan di browser nanti. Dalam kasus kami, nama server kami adalah BendaharaPC

Nama PC Server: BendaharaPC

3. Setelah itu, buka browser (Google Chrome/ Mozilla Firefox/ dll) di PC Client, lalu tuliskan nama PC Server kita tadi diikuti dengan port PMP (:1745). Dalam kasus kami, maka alamatnya menjadi bendaharapc:1745 lalu tekan Enter, jika cara kita di atas benar maka semestinya akan muncul halaman login;

 

Halaman login

 4. Setelah halaman login PMP muncul, silakan login dengan mengisikan akun dapodik kita.

 

Nah, bagi yang mengalami masalah tidak bisa login karena password salah silakan menggunakan cara berikut:

1. Unduh patch PMP di sini;

2. Instal file patch tersebut di PC Server seperti biasa, jika muncul jendela konfirmasi klik saja More info dan klik Run anyway (Lanjutkan instal);

More info > Run anyway

3. Setelah file patch tersebut diinstal, silakan buka kembali browser client lalu bersihkan chace browsernya dengan cara tekan CTRL+Shift+Delete bersamaan, setelah itu klik Lanjutan > Centang semua pilihan > Hapus data;

CTRL+Shift+Delete > Lanjutan > Hapus data

4. Setelah cache dibersihkan, silakan login kembali, insya Allah berhasil.

5. Selesai.

 

Catatan: Jika dengan menggunakan nama komputer server tidak bisa diakses, silakan menggunakan ip server diikuti port pmp, misal: 192.168.1.1:1745

 

Semoga bermanfaat dan jika ada yang mengalami kendala atau ingin berbagi pengalaman Anda, silakan mengisi kolom komentar di bawah^^

 

Wasslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Komentari Tulisan Ini
Kepala Sekolah
Yanti Nurhayati, S.Pd.

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim.. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh..   Alhamdulillaahi rabbil-'aalamiin kami panjatkan ke hadlirat Allah Subahanahu wata'ala, bahwasannya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website…

Jajak Pendapat

Bagaimana menurut Anda tampilan website sekolah ini?

Iklan
Brosur PPDB Smekhansa