• SMK AL-HAD NUSANTARA KOTA SERANG
  • Selamat datang di Website resmi SMK Al-Had Nusantara Kota Serang

Ektrakurikuler Marawis

Tim Marawis Smekhansa saat tampil
 

Marawis adalah salah satu jenis "band tepuk" dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik ini merupakan kolaborasi antara kesenian Timur Tengah dan Betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

SEJARAH
Kesenian marawis berasal dari negara timur tengah terutama dari Yaman. Nama marawis diambil dari nama salah satu alat musik yang dipergunakan dalam kesenian ini. Secara keseluruhan, musik ini menggunakan hajir (gendang besar) berdiameter 45 Cm dengan tinggi 60-70 Cm, marawis (gendang kecil) berdiameter 20 Cm dengan tinggi 19 Cm, dumbuk atau (jimbe) (sejenis gendang yang berbentuk seperti dandang, memiliki diameter yang berbeda pada kedua sisinya), serta dua potong kayu bulat berdiameter sepuluh sentimeter. Kadang kala perkusi dilengkapi dengan tamborin atau krecekdan [Symbal] yang berdiameter kecil. Lagu-lagu yang berirama gambus atau padang pasir dinyanyikan sambil diiringi jenis pukulan tertentu
Dalam Katalog Pekan Musik Daerah, Dinas Kebudayaan DKI, 1997, terdapat tiga jenis pukulan atau nada, yaitu zapin, sarah, dan zahefah. Pukulan zapin mengiringi lagu-lagu gembira pada saat pentas di panggung, seperti lagu berbalas pantun. Nada zapin adalah nada yang sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu pujian kepada Nabi Muhammad SAW (shalawat). Tempo nada zafin lebih lambat dan tidak terlalu menghentak, sehingga banyak juga digunakan dalam mengiringi lagu-lagu Melayu.
Pukulan sarah dipakai untuk mengarak pengantin. Sedangkan zahefah mengiringi lagu di majlis. Kedua nada itu lebih banyak digunakan untuk irama yang menghentak dan membangkitkan semangat. Dalam marawis juga dikenal istilah ngepang yang artinya berbalasan memukul dan ngangkat. Selain mengiringi acara hajatan seperti sunatan dan pesta perkawinan, marawis juga kerap dipentaskan dalam acara-acara seni-budaya Islam.
 
JUMLAH PEMAIN
Musik ini dimainkan oleh minimal sembilan atau sepuluh orang. Setiap orang memainkan satu buah alat sambil bernyanyi. Terkadang, untuk membangkitkan semangat, beberapa orang dari kelompok tersebut bergerak sesuai dengan irama lagu. Semua pemainnya pria, dengan busana gamis dan celana panjang, serta berpeci. namun ada juga wanita. Sekarang hampir di setiap wilayah terdapat marawis.

 
 
Tim Marawis Smekhansa saat mengikuti Lomba didampingi oleh Pak Khulud

Komentari Tulisan Ini
Halaman Lainnya
Formulir Pendaftaran Offline

<iframe> Anda bisa mencetak formulir di atas dengan mendownload terlebih dahulu di sini.

20/05/2020 08:07 WIB - Rendi Heryadi
Persyaratan Pendaftaran Peserta Didik Baru/ Pindahan SMK Al-Had Nusantara Kota Serang

NB: Klik gambar untuk memperbesar/ mendownload

19/05/2020 17:10 WIB - Rendi Heryadi
Jadwal Pra Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) Tahun Pelajaran 2019/2020

Jurusan Manajemen Perkantoran (MP)    Jurusan Teknik Otomotif

09/12/2019 07:08 WIB - Rendi Heryadi
Prestasi SMK Al-Had Nusantara Kota Serang

Alhamdulillah semenjak berdiri pada tahun 2010 SMK Al-Had Nusantara Kota Serang telah meraih berbagai macam prestasi, yaitu: Juara II LKS Ladies Dressmaking ke-10 Tingkat Provinsi Ban

01/12/2019 15:30 WIB - Rendi Heryadi